Respon Rekomendasi DPRD, Bupati Landak Akan Benahi Tata Kelola Pemerintahan

oleh -296 views
Karolin Margret Natasa. (IST)

LANDAK, KILASKALBAR.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak secara resmi menggelar Rapat Paripurna penyampaian keputusan  tentang rekomendasi perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Landak tahun 2019 bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Landak, Sekda Landak, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan seluruh Kepala OPD secara virtual melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Rapat paripurna ini digelar untuk menindaklanjuti penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Pemerintah Kabupaten Landak tahun 2019 yang dilakukan oleh Bupati Landak beberapa waktu yang lalu.

Secara umum DPRD Kabupaten Landak memandang bahwa visi Pemerintah Kabupaten Landak telah memiliki nilai akomodasibilitas positif terhadap berbagai perubahan dan  perkembangan Kabupaten Landak. Walaupun begitu tentu masih ada berbagai kekurangan yang harus dibenahi bersama oleh pemerintah daerah terutama kekurangan implementasi misi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Masih tersisanya berbagai kelemahan OPD dalam mengimplementasikan misi dan pencapaian saran-sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis,” papar anggota DPRD Cahya Tanus saat membacakan catatan strategis dan rekomendasi DPRD Kabupaten Landak.

Berbagai bidang pembangunan yang tetap menjadi perhatian yaitu mulai dari bidang pendidikan, pertanian, kesehatan, perhubungan, telekomunikasi, pendapatan daerah, urusan pekerjaan umum dan penataan ruang, lingkungan hidup, pertanahan, kependudukan dan urusan- urusan strategis lainnya yang perlu mendapat pembenahan.

Menanggapi berbagai catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten Landak, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik apa yang sudah direkomendasikan

“Secara umum kami mengucapkan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Landak yang telah membahas, menelaah, meneliti dan bahkan berfikir keras untuk menyiapkan rekomendasi kepada Pemerintah daerah agar menjadi acuan dalam upaya kita bersama untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan kita kepada masyarakat dalam upaya kita meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Landak,” kata Karolin.

Bupati Landak mengatakan akan segera menindaklanjuti semua kekurangan yang disampaikan bersama dengan OPD di jajaran Pemerintah Kabupaten Landak, agar kinerja di tahun berikutnya dapat semakin lebih baik.

“Beberapa hal telah kami catat dan tentu akan kami tindak lanjuti kepada para pimpinan OPD bersama Sekda agar rekomendasi ini tidak bersifat administratif, tapi sungguh-sungguh dapat menjadi acuan dalam upaya kita untuk terus memperbaiki kinerja Pemerintah Kabupaten Landak,” terang Bupati Landak. (*)