Sarjana PGMI Setara PGSD, Rektor IAIN Pontianak Minta Pemerintah Adil Dalam Penerimaan CPNS

oleh -189 views
Rektor IAIN Pontianak, Dr Syarif.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Menyikapi adanya penolakan terhadap alumni Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di beberapa kabupaten dan kota di Kalbar, Rektor IAIN Pontianak, Syarif, menegaskan bahwa sarjana PGMI itu setara dengan lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

“Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa satuan pendidikan dasar pada sekolah dasar setara dengan madrasah ibtidaiyah. Dengan demikian lulusan S1 PGSD setara dengan lulusan S1 PGMI,” ujar Syarif.

Bahkan lulusan PGMI itu, tegas Syarif, mempunyai nilai plus.

“Selain memiliki kompetensi yang sama dengan lulusan PGSD, sarjana PGMI itu memiliki tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan pendidikan agama Islam,” ungkapnya.

Berkenaan dengan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), Syarif menjelaskan, harus memenuhi aspek keadilan dan kesetaraan. Setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama.

“Karenanya kami harap kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota bisa memahami persoalan ini,” ucapnya.

“Kami telah berkirim surat ke BKN dan BKD Kalbar. Semoga bisa dipahami dan menerima lulusan kami secara adil,” tutur Syarif. (noy)