Pencegahan Covid-19, Kecamatan Menjalin Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh -464 views
Proses penyemprotan disinfektan. (IST)

LANDAK, KILASKALBAR.com – Pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Landak terus dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga ke Desa dengan melakukan sosialisasi, pendataan dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Hal ini telah dilakukan oleh tim satuan tugas Kecamatan Menjalin dengan melakukan penyemprotan desinfektan di tempat pelayanan publik dan rumah-rumah penduduk untuk Desa Menjalin di wilayah Kecamatan Menjalin.

Kepala Puskesmas Menjalin Morni, menjelaskan penyemprotan disinfektan bertujuan membunuh kuman atau virus serta mensterilkan pasar, tempat-tempat umum dan tempat pelayanan publik. Hal tersebut merupakan salah satu langkah dan upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID -19) di Kecamatan Menjalin.

“Penyemprotan desinfektan merupakan salah satu langkah dan upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID -19) di Kecamatan Menjalin sesuai dengan arahan Bupati Landak dan hari ini (Kamis, 26/3/2020) kita melakukan penyemprotan ditempat pelayanan publik seperti Kantor Camat, Polsek, Kantor Desa, Kantor pelayanan publik yang ada di Dusun serta rumah-rumah penduduk Desa Menjalin yang ada di Dusun Tanjam, Dusun Menjalin Hulu, Dusun Menjalin Hilir, Dusun Sei Bandung, Dusun Tabangan dan Dusun Mensio,” ucap Kepala Puskesmas Menjalin.

Morni menerangkan penyemprotan disinfektan akan terus dilakukan ke desa-desa hingga dusun-dusun yang ada di Kecamatan Menjalin.

“Kalau Puskesmas Kita lakukan setiap hari penyemprotan desinfektan setelah habis pelayanan di poly dan IGD, untuk rawat inap kita lakukan setiap pagi. Besok kita mulai ke Desa Sepahat dan Desa-desa lain di Kecamatan Menjalin, masih ada 7 Desa lagi,” terang Morni.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyambut baik penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh tim satgas Covid-19 Kecamatan Menjalin.

“Ini langkah yang baik dalam upaya kita mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan, Desa hingga Dusun yang ada di wilayah Kabupaten Landak. Terutama penyemprotan disinfektan bisa sampai ke rumah penduduk,” ungkap Karolin.

Lebih lanjut Bupati Landak menghimbau masyarakat di Kecamatan dan Desa untuk tetap menjaga kesehatan dengan berprilaku hidup sehat.

“Kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan berprilaku hidup sehat dan bersih, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan atau aktifitas, kalau sakit segera berobat ke Puskesmas, hindari tempat keramaian dan tetap dirumah saja jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk keluar rumah,” jelas Karolin. (*)