Upaya Pemkab Landak Cegah Penularan Covid-19

oleh -139 views
IST.

LANDAK, KILASKALBAR.com – Untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Landak telah melakukan berbagai upaya mulai dari meliburkan pelajar dan ASN, penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, pendirian posko percepatan penanganan Covid-19, hingga imbauan-imbauan positif untuk masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Subanri menyampaikan saat ini pihaknya selalu mengikuti protokoler yang telah ditetapkan dari kementerian kesehatan dalam menagani virus corona (Covid-19).

“Kita mengikuti protokoler dari Kementerian kesehatan, kemudian himbauan juga dari Bupati Landak dan himbauan medsos-medsos yang sifatnya positif, itu yang kita ikuti,” kata Subanri saat ditemui di Posko Covid-19, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Landak melalui tim gabungan telah melakukan penyemprotan disinfektan pada pasilitas umum di sekitar kota Ngabang demi mencegah peyebaran virus Corona.

Disampaikan Subanri bahwa dalam waktu dekat akan ada penyemprotan disinfektan secara massal diwilayah kabupaten Landak.

“Kita buat surat edaran bupati sampai tingkat RT, kemungkinan nanti pelaksanaannya secara massal, jam dan harinya mungkin ditentukan bersama-sama. Jadi, kita melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini secara massal di kabupaten Landak,” kata Subanri.

Subanri mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membuat cairan disinfektan sendiri menggunakan peralatan dan media yang ada agar masyarakat dapat melakukan penyemprotan secara mandiri.

“Dinkes beserta OPD lain di gugus tugas sudah bersama-sama melakukan penyemprotan ditempat-tempat umum. Nanti masyarakat diharapkan dapat melakukan penyemprotan mandiri dirumahnya masing-masing. Kami minta Kepala Desa sampai RT-nya memantau kegiatan ini, karena penyemprotan ini sederhana sebenarnya alat dan cairannya, jadi bisa dilakukan berkali-kali tanpa ada instruksi. Jadi nanti ada edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membuat cairan penyemprotan ini,” ujar Subanri.

Saat ini di Kabupaten Landak sendiri belum ditemukan pasien positif Corona (Covid-19), namun terdapat 24 orang dalam pemantauan (ODP). (*)