SMK Mudita Belajar Kepemiluan ke KPU Singkawang Jelang Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS

oleh -184 views
Kunjungan siswa SMK Mudita ke kantor KPU Kota Singkawang, Jumat (25/10/2019).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang, mendapatkan kunjungan dari puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mudita, Jumat (25/10/2019) pagi.

Kunjungan para siswa tersebut dalam rangka studi kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang berada di salah satu bagian ruangan kantor KPU Kota Singkawang, Jalan Dr Sutomo Pasiran, Singkawang Barat.

Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, menyambut baik kunjungan siswa SMK Mudita tersebut.

Menurutnya, kedatangan para siswa sebagai bentuk itikad baik dari pihak sekolah guna mendapatkan informasi tentang Pemilu, khususnya yang ada di Singkawang.

“Ini adalah pembelajaran politik yang baik. Kita apresiasi, karena tidak semua sekolah yang mampu melakukan ini,” ujarnya.

Riko mengatakan, RPP merupakan salah satu wadah yang dikelola oleh KPU untuk memfasilitasi publik dalam mendapatkan informasi kepemiluan.

Anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Khairul Abror, menuturkan, kehadiran para siswa SMK Mudita menunjukkan bahwa siswa saat ini memiliki ketertarikan untuk mengetahui proses demokrasi dalam Pemilu.

Lebih dari itu, Abror berharap, ke depan para siswa ini tidak cuma menjadi pemilih yang cerdas. Tapi punya keinginan menjadi penyelenggara Pemilu.

“Tidak hanya aktif sebagai pemilih yang cerdas, tetapi aktif sebagai penyelenggara. Mulai dari sekarang, bisa di tingkat RT atau di lingkungan lainnya. Untuk seumuran siswa SMK, sudah bisa menjadi penyelenggara di tingkat TPS,” katanya.

Kepala Sub Bagian Teknis, Guntur Gunawan, memberikan penjelasan tentang kepemiluan ke para siswa.

Sementara itu, Pembina OSIS SMK Mudita, Firdaus, mengungkapkan terima kasih kepada pihak KPU yang telah memfasilitasi siswanya untuk mendapatkan informasi tentang Pemilu. Apalagi, dalam waktu dekat, SMK Mudita akan menyelenggarakan Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

“Kami dari SMK Mudita merasa ini merupakan kehormatan bisa hadir di KPU. Kebetulan di tanggal 29 Oktober ada pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. Dengan ini, kami dapat pengetahuan tentang pemilihan nantinya,” kata Firdaus.

“Mudah-mudahan ini langkah awal baik kami di sekolah. Untuk pemilihan di sekolah tidak gampang, makanya panitia pemilihan nanti akan diberikan bimtek. Dari pertemuan ini, semoga kami mendapatkan gambaran terkait penyelenggara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS,” tutur dia.

Studi kepemiluan.

Pada studi kepemiluan, siswa diajak berkeliling sekaligus mendapat penjelasan tentang sejarah Pemilu dan Pilkada dari masa ke masa, informasi tingkat partisipasi pemilih, dan lain sebagainya. (noy)