Bupati Landak: Puskesmas Semata Siap Ikuti Survei Akreditasi

oleh -121 views
Survei akreditasi oleh tim survei akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Semata dari Komisi Akreditasi Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI, dengan melakukan kunjungan langsung ke puskesmas semata, Desa Amboyo Utara, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kamis (24/10/2019). (IST)

LANDAK, KILASKALBAR.com – Bupati Landak Karolin Margret Natasa terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Landak, baik dari Puskesmas Pembantu, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak.

Hal ini terbukti dengan banyaknya puskesmas yang sudah terakreditasi dan RSUD Landak yang mendapat akreditasi paripurna. Saat ini Puskesmas Semata juga mendapatkan survei akreditasi oleh tim survei akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Semata dari Komisi Akreditasi Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI, dengan melakukan kunjungan langsung ke puskesmas semata, Desa Amboyo Utara, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kamis (24/10/2019).

Bupati Landak Karolin Margret Natasa sangat mendukung survei akreditasi yang sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 bahwa Puskesmas, klinik Pratama, tempat praktik mandiri dokter wajib terakreditasi.

“Dalam rangka melakukan pembangunan dibidang kesehatan dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan, Saya sangat mendukung penilaian akreditasi ini. Harapan kita, dengan adanya akreditasi ini kita dapat mengetahui dimana letak kekurangan puskesmas ini dan akan menjadi catatan bagi saya dalam memberikan kebijakan terutama di bidang kesehatan,” ucap Karolin.

Lebih lanjut Bupati Landak menyampaikan saat ini untuk pelayanan kesehatan untuk puskesmas di Kabupaten Landak sudah sangat baik dan memenuhi standar pelayanan yang ditentukan.

“Saat ini Puskesmas di Kabupaten Landak sudah sangat layak dan memenuhi standar pelayanan kesehatan, baik dari segi gedung, fasilitas, tenaga kesehatan, serta pelayanan yang sangat lengkap salah satunya di Puskesmas Semata ini. Saya berharap seluruh Puskesmas di Kabupaten Landak yang tahun ada 6 Puskesmas yang terakreditasi dapat bisa lulus,” jelas Karolin.

Sementara itu, Ketua Tim Survei Akreditasi FKTP Puskesmas Semata, Suprapto mengungkapkan bahwa Puskesmas Semata Kabupaten Landak ini merupakan contoh puskesmas terbaik yang ada di Indonesia, sehingga layak untuk di akreditasi.

“Akreditasi ini bertujuan untuk menyakinkan bahwa pelayanan kesehatan itu diberikan secara standar agar masyarakat terlindungi, petugasnya terlindungi guna meningkatkan kesejahteraan kesehatan di Indonesia. Untuk di Puskesmas Semata ini sangat layak untuk kita akreditasi dan ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Landak yang sangat serius dan berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, saya berharap ini dapat di contoh untuk Kabupaten dan Kota di Indonesia,” terang Suprapto.(*)