Festival Durian Unggul Terbesar di Kalbar Akan Digelar, Catat Tanggalnya

oleh -603 views
Kepala Distan-TPH Kalbar bersama jajarannya dan Ketua PHRI Kalbar, berfoto bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji, usai menyampiakan progres kegiatan festival, Rabu (24/7/2019). (IST)

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Festival buah durian di Kalbar tahun ini, akan kembali digelar.

Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 yang akan diadakan ini, disebut festival terbesar selama kegiatan sebelum-sebelumnya.

Banyak rangkaian acara di festival tersebut. Di antaranya, kontes durian unggul Kalbar.

Festival si raja buah ini akan digelar di Parkiran A Yani Mega Mall Pontianak, pada 24-27 Agustus 2019.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar, dan didukung oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar.

Berkenaan dengan festival tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengajak para pemilik kebun durian ikut dalam kontes.

“Kita ketahui bahwa durian unggul di Indonesia yang sebagian besar di Kalbar namun kurang terekspose sehingga melalui Festival Durian Unggul Bumi Khatulistiwa 2019 kita ingin mengenalkannya dan mengajak masyarakat menikmatinya. Kepada pemilik kebun kita ajak untuk ikut kontes,” ucapnya di Pontianak, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, dengan kontes ini durian unggul di Kalbar akan lebih dikenal, dan tentunya berdampak positif secara ekonomi bagi pemilik kebun.

“Bagaimana durian bagus memiliki nilai bagus secara ekonomi. Jadi melalui festival, durian bagus bisa dikenal dan dinikmati oleh kita bukan malah dijual ke luar,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Distan-TPH Kalbar, Heronimus Hero, menuturkan festival ini juga dalam rangka melindungi sekaligus mengembangkan durian unggulan yang ada di Kalbar.

“Kalbar saat ini sudah memiliki berbagai jenis durian lokal yang unggul, seperti Durian Serumbut asal Sekayam, Kabupaten Sanggau. Nah itu terus kita kenalkan. Namun, melalui festival digelar ini kita juga terus menggali dan semoga menemukan jenis durian lainnya untuk dikenalkan dan dikembangkan,” jelas dia.

Rangkaian festival, antara lain diisi dengan kegiatan makan durian gratis, bazar buah, bibit, dan hasil olahan durian, pameran hasil kreatif berbahan durian, sarasehan durian, lomba duta pertanian 2019, lomba tanaman hias, kontes foto Instagram, lomba mural, lomba membuat “dessert” durian, lomba panjat pinang, “fun zumba”, lomba mewarnai TK dan SD, lomba peragaan busana TK dan SD, serta lomba tari remaja. (noy)