Tahap Penjaringan Calon Ketua DPD Golkar Kalbar Mulai Dibuka

oleh -552 views
Sekretaris Steering Committee (SC) Musda ke X DPD Golkar Kalbar, Usmandy. (Ist)

PONTIANAK, kilaskalbar.com –Pantia Musda DPD Golkar Kalbar ke X, mulai membuka pengambilan dan pengembalian formulir untuk pendaftaran bakal calon ketua DPD.

Proses penjaringan itu akan dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu (26/2/2020) dan Kamis (27/2/2020). Mulai pukul 12.00 WIB hingga puku 18.00 WIB, di Gedung Zamrud, Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak.

Sekretaris Steering Committee (SC) Musda ke X DPD Golkar Kalbar, Usmandy menjelaskan, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon ketua DPD yaitu pertama, harus pernah menjadi pengurus partai tingkat provinsi atau sekurang-kurangnya pengurus partai tingkat kabupaten/kota.

Syarat kedua, berpendidikan minimal S-1 (Strata-1), dan aktif secara terus menerus menjadi anggota partai Golkar sekurang-kurangnya lima tahun, dan tidak pernah menjadi anggota partai politik lain.

Syarat ketiga, bakal calon harus dinyatakan lulus mengikuti pendidikan dan pelatihan kader partai Golkar. Serta memiliki prestasi, dedikasi, disiplin dan loyalitas terhadap organisasi dan memiliki kapabilitas dan ekseptabilitas serta idak pernah terlibat G30S/PKI.

Syarat keempat, bersedia meluangkan waktu dan sanggup bekerjasama secara kolektif dalam partai Golkar. “Itu lah sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh bakal calon,” kata Usmandy, melalui rilis, Selasa (25/2/2020).

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah pengumuman. Bakal calon yang memenuhi persyaratan, selanjutnya mesti menyerahkan dukungan suara 30 persen dari jumlah pemilik suara yang ada sebagai saryat mencalonkan diri sebagai ketua DPD.

Terhadap syarat tersebut, selanjutnya akan diverifikasi secara administratif dan faktual untuk dicocokkan dari pemegang hak suara.

Setelah itu, hasilnya akan diumumkan kembali. Jika semua syarat sudah terpenuhi maka, bakal calon yang mendaftar akan ditetapkan sebagai calon ketua DPD untuk dipilih.

Musda DPD Golkar Kalbar ke X sendiri digelar dua hari. Dari Sabtu, tanggal 29 Februari sampai Minggu 1 Maret 2020. Anggota DPR-RI kader Golkar, Maman Abdurahman sudah mendeklarasikan mencalonkan diri sebagai Ketua DPD Golkar Kalbar. (*)