Festival Durian Unggul Bumi Khatulistiwa, Warga Gratis Makan Sepuasnya

oleh -267 views
Juri festival durian sedang melakukan penilaian.

PONTIANAK, KILASKALBAR.com Musim durian di Kalimantan Barat (Kalbar) telah tiba. Di Pontianak, Anda bisa menyantap durian sepuasnya. Hal itu digelar dalam festival durian unggul Kalbar 2019.

Even digagas oleh Pemerintah Provinsi Kalbar, melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar, di Parkiran A Yani Mega Mall Pontianak, Sabtu (24/8/2019).

Pengunjung bisa makan durian sebanyak apapun secara gratis di hari pembukaan festival. Penyelenggara telah menyiapkan durian untuk kuota 1.000 orang.

Pengunjung bebas memilih durian yang mereka inginkan. Durian hanya boleh dimakan di tempat, tak boleh dibawa pulang.

Pesta durian ini pun diserbu warga dari berbagai daerah hingga dari luar provinsi Kalbar yang mau merasakan makan durian tanpa batas ini.

Durian didatangkan dari berbagai daerah di Kalbar. Seperti Punggur, Kabupaten Kubu Raya, Batang Tarang dan Balai Karangan, Kabupaten Sanggau. Peserta festival yang memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah ini, diikuti oleh ramai pemilik kebun di Kalbar.

Acara dikemas dengan berbagai kegiatan. Kegiatan sengaja digelar sampai 1 September 2019, sehingga pengunjung dapat menikmati durian sambil berekreasi.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan berbagai potensi pertanian Kalbar khususnya komoditi durian, yang memang potensinya sangat luar biasa di Kalimantan Barat,” ujar Kepala Distan-TPH Kalbar, Heronimus Hero.

Tujuan lainnya, kata Hero, untuk mencari dan membangun jaringan pemasaran.

“Kemudian untuk memberi edukasi kepada para petani buah, untuk merawat dan melestarikan tanaman durian dengan baik dan benarbenar. Juga memberikan pelajaran dalam bidang pemasaran dengan mempertemukan para pengusaha petani durian, pembudidaya, pedagang, dan pembuat olahan durian,” terangnya.

Pengunjung umumnya datang bersama anggota keluarga. Mereka berharap kegiatan serupa sering diadakan di banyak tempat. Karena penggemar durian di Pontianak cukup banyak.

Selain untuk rekreasi, kegiatan ini diharapkan mampu melestarikan buah lokal. Melihat tingginya animo kegiatan serupa akan terus digalakkan. (noy)