Forum Perbatasan Kalbar Minta Jokowi di Periode Keduanya Fokus ke Peningkatan Ekonomi Masyarakat Perbatasan

oleh -205 views
Abelnus.

SAMBAS, KILASKALBAR.com Ketua Forum Perbatasan Provinsi Kalimantan Barat Abelnus menilai pada periode pertama selama Joko Widodo menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia cukup berhasil membangun infrastruktur fisik wilayah perbatasan di Kalimantan Barat.

“Selama Jokowi menjabat Presiden Republik Indonesia berhasil membangun tiga Pos Lintas Batas Negara sekaligus di Perbatasan Kalbar,  termasuk PLBN Entikong, Sanggau,” ujarnya di kawasan perbatasan Aruk, Sambas, Minggu (20/10/2019).

Namun ke depan, kata Abel, pemerintah pusat mesti juga membangun sosial-budaya dan ekonomi masyarakat perbatasan, yang sampai saat ini dinilai masih tertinggal.

Menurut Abelnus, pembangunan infrastruktur yang digaungkan oleh pemerintah pusat di perbatasan Kalbar, secara langsung tidak memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Bahkan yang menikamati dari pembangunan tersebut, hanya orang luar yang memilik modal.

Sebaiknya, pinta Abel, pada periode kedua Jokowi harus lebih fokus pada persoalan peningkatan ekonomi masyarakat perbatasan dengan cara mendorong setiap keluarga di perbatasan memiliki usaha mikro sesuai dengan kearifan lokal setempat.

Provinsi Kalimantan Barat memiliki panjang perbatasan sepanjang 966 kilometer, tiga PLBN yang telah resmi dan tiga perbatasan memiliki calon PLBN.

“Pemerintah pusat harus fokus menyelesaikan pembangunan PLBN yang telah dibangun, terutama penataan ekonomi dan sosial-budaya masyarakat perbatasan,” harapnya.

Selain membangun fisik dan SDM di perbatasan, pemerintah pusat harus memperhatikan keamanan perbatasan,  dengan membangun sistem yang dapat melakukan pemantauan secara ketat di wilayah perbatasan, dengan harapan segala penyeludupan dapat diantisipasi dengan melibatkan segala komponen. (noy)