Audiensi Rumah Pintar Pemilu, Edukasi Demokrasi dan Kepemiluan Bagi Pemilih Pemula dan Pra Pemilih

oleh -286 views
Audiensi siswa SMA Negeri 10 ke Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Singkawang, Selasa (19/11/2019).

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Guna meningkatkan pemahaman demokrasi dan pengetahuan serta wawasan tentang kepemiluan kepada pemilih pemula dan pra pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menyasar siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat dalam melakukan sosialisasi.

Upaya meningkatkan pemahaman tersebut, dilakukan oleh KPU Kota Singkawang melalui program audiensi Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Sejak beberapa pekan lalu, sejumlah sekolah telah hadir di RPP untuk belajar tentang demokrasi dan kepemiluan.

“Target utama dari audiensi Rumah Pintar Pemilu ini, untuk memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula dan pra pemilih. Sudah ada beberapa sekolah yang datang ke Rumah Pintar Pemilu untuk studi kepemiluan,” ujar anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Partisipasi Masyarakat dan SDM, Khairul Abror, saat menerima audiensi RPP dari SMA Negeri 10 Singkawang di kantor KPU, Selasa (19/11/2019) pagi.

Keberadaan RPP sangat penting sebagai sarana pelayanan transparansi informasi kepemiluan di Kota Singkawang.

Abror berharap, pemahaman dan pengetahuan yang diperoleh para siswa tentang demokrasi dan kepemiluan dalam kegiatan audiensi ini, dapat disebarluaskan kepada yang lain.

“Kami berharap, pengetahuan dan pemahaman siswa ini bisa disebarluaskan baik kepada teman, keluarga dan masyarakat umum, sehingga ke depan atau pada Pemilu dan Pilkada mendatang, angka partisipasi masyarakat terus meningkat,” tutur Abror.

Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Singkawang terletak di area kantor KPU, di Jalan DR Sutomo, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Ruang RPP berisi di antaranya poster-poster tentang sejarah pemilu, dan seputar informasi kepemiluan lainnya berupa flyer, majalah, buku dan media bacaan lainnya.

Di bagian sisi ruang lainnya, terdapat ruangan simulasi pemungutan suara dan miniatur TPS. Terdapat pula ruang diskusi. Di mana siswa bisa berdiskusi bersama perangkat KPU Kota Singkawang seputar kepemiluan. (noy)