Buka Acara Hari Krida Pertanian ke-47, Karolin Ajak Petani Kompak Bangun Pertanian Kabupaten Landak

oleh -185 views
Karolin Margret Natasa secara resmi membuka acara Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tingkat Kabupaten Landak tahun 2019.

LANDAK, KILASKALBAR.com – Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa secara resmi membuka acara Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tingkat Kabupaten Landak tahun 2019. Acara tersebut digelar dihalaman kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, Kamis (18/7/2019).

Turut hadir dalam acara ini unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Landak, Staf Ahli Bupati Landak, para Asisten Setda Landak, Kepala OPD se-Kabupaten Landak, para Camat se-Kabupaten Landak, Penyuluh Pertanian Lapangan se- Kabupaten Landak, para Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) se-Kabupaten Landak, Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Landak dan para petani anggota kelompok dan gabungan kelompok tani Kabupaten Landak.

Dalam kesempatan ini Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyampaikan kepada para peserta yang hadir bahwa dengan berbagai prestasi yang telah dicapai, saat ini Pemerintah Kabupaten Landak terus berupaya meningkatkan pembangunan dibidang pertanian.

“Sejak tahun 2017 hingga 2018 kita telah membangun jalan usaha tani sepanjang 35.250 m, pada tahun 2018, produksi padi kabupaten landak 268.135 ton atau naik 9,66% dari tahun 2017 dengan 244.520 ton,”pungkas Karolin.

”Kita terus berupaya untuk terus meningkatkan pembangunan dibidang pertanian, kita bangun infrastruktur mulai dari jalan usaha tani, irigasi, pintu air, bantuan bibit, pupuk dan sebagainya,” sambungnya.

Dengan keterbatasan anggaran dari Pemerintah Daerah, Bupati Landak berharap pembangunan dibidang pertanian bisa dibantu dengan dana desa yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

”Salah satu sumber pendanaan yang saya harapkan juga bisa terus menunjang bidang pertanian adalah dana desa, kami terus mendorong Kepala Desa agar aktif mengalokaikan anggarannya untuk pembangunan infrastruktur dibidang pertanian,” pungkas Karolin.

Karolin mengimbau kepada semua pihak agar selalu kompak bersama pemerintah untuk meningkatkan pembangunan dibidang pertanian Kabupaten Landak.

”Harapan saya kalau mau berhasil semuanya harus kompak, tidak cukup hanya anggaran diberi tetapi para petani dan pembina petani harus kompak dan ada kemauan, kita berharap agar kekompakan diantara kita bisa terus ditingkatkan sehingga pada akhirnya kesejahteraan para petani di kabupaten Landak meningkat,” harap Karolin.

Diselenggarakannya Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 ini adalah bertujuan untuk mensosialisasikan program-program pembangunan pertanian. Hal ini disampaikan langung oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian,Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak Alpius.

”Melalui acara ini tujuan kita mensosialisasikan program-program pembangunan pertanian dan memberikan wacana berpikir, kerja keras dan inovasi teknologi yang baik kepada masyarakat petani se-Kabupaten Landak,” jelas Alpius.

Selain itu menurut Alpius melalui acara ini sebagai upaya untuk mengevaluasi pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Landak.

”Hari Krida Pertanian juga merupakan evaluasi pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Landak agar lebih meningkat di masa yang akan datang,” ujar Alpius. (noy)