Usul Pemerintah Bangun Pasar Lelang, Suib: Harapannya Petani Mendapat Kepastian Stabilitas Harga

oleh -302 views
Suib. (IST)

PONTIANAK, KILASKALBAR.com – Merespon keluhan sebagian besar petani Kalbar di mana hasil pertanian berujung pada tengkulak dengan untung kecil, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalbar, Suib, mengusulkan, agar pemerintah membangun pasar lelang hasil pertanian.

“Saya mengusulkan adanya pembangunan pasar lelang hasil pertanian,” ujarnya di Pontianak, Rabu (18/3/2020).

Komoditas pertanian yang mau tidak mau dijual ke tengkulak, lantaran di Kalbar masih minim fasilitas pemasaran hasil pertanian. Padahal, kata Suib, pasar lelang memiliki banyak sekali manfaat, yakni petani dapat menikmati harga tertinggi, tercipta one region one price, stabilitas harga di pasar lelang, cash and carry, memangkas rantai pasok, transparan, tata kelola efisien dan fair.

“Dengan dibangunnya pasar lelang hasil pertanian, harapannya petani mendapat kepastian stabilitas harga maupun pasar sehingga mereka bisa menikmati harga tertinggi,” terang politisi Partai Hanura ini.

Suib, menuturkan, legislatif sangat mendukung pembangunan pasar lelang dengan dibuatkan peraturan daerah (Perda).

“Tentu nanti ada Perdanya yang dikonsep bersama Dinas Perdagangan, Pertanian, Perkebunan bahkan Koperasi,” ucap dia.

Lebih lanjut, sebelum pasar lelang dapat diwujudkan, Suib, mengatakan, terlebih dulu pemerintah perlu membangun pasar percontohan. Maksudnya, agar para petani, kelompok tani maupun pedagang bisa meningkatkan pemahaman dan belajar tentang sistem pasar lelang itu sendiri.

“Pasar percontohannya bisa di Mempawah, Sambas dan Singkawang. Menurut saya, di daerah tersebut sangat strategis. Kalau perkembangannya bagus, pasar ini harus ada di semua kabupaten di Kalbar,” tutur Suib. (noy)