Hasil Rapid Test 16 Berstatus OTG, Karolin: Berikan Mereka Dukungan

oleh -623 views
Karolin Margret Natasa. (IST)

LANDAK, KILASKALBAR.com –  Dari hasil rapid test (RDT) Covid-19 yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Landak, terdapat 16 orang masyarakat Kabupaten Landak berstatus orang tanpa gejala (OTG) namun mereka telah melakukan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing serta menunggu hasil pemeriksaan pastinya dari Jakarta.

Dengan adanya masyarakat Kabupaten Landak berstatus OTG, Bupati Landak Karolin Margret Natasa menjelaskan bahwa penyakit corona bukanlah sebuah aib dan bukan juga sesuatu yang harus ditakuti, namun ia meminta agar masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi hal tersebut.

“Positif Covid-19 bukanlah aib, bukan sesuatu yang perlu ditakuti. Kita perlu mengetahui agar kita bisa memberikan penanganan yang tepat sehingga tidak memperluas penyebarannya. Kami mohon do’a dari seluruah masyarakat Kabupaten Landak agar mereka yang kami isolasi tersebut bisa segera pulih melalui masa karantinya selama 14 hari,” tegas Karolin saat ditemui awak media, Rabu (15/4/2020).

Bupati Landak juga memohon kepada masyarakat agar berhati-hati dalam meyebarkan informasi serta dapat memberikan dukungan dan semangat bagi mereka yang sedang mengalami status OTG maupun mereka yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

“Saya mohon agar kita semua berhati-hati dalam menyebarkan informasi, apabila ada tetangganya mengalami OTG maupun ODP perlu diusir dari rumah ataupun dari kampung, jangan seperti itu menanggapinya. Tetapi berikan mereka dukungan dan semangat serta bantu meraka, pastikan mereka yang OTG ataupun ODP tidak keluar rumah, seperi itu mengatasinya sudah aman itu, bila perlu bantu mereka apakah ada persedian makanan dirumahnya sehingga mereka tidak perlu untuk keluar rumah selama masa isolasi,” pinta Karolin.

Lebih lanjut Karolin memninta kepada masyarakat untuk tidak melakukan kontak fisik kepada mereka yang sedang melakukan masa isolasi diri serta mengajak masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar guna mendukung Pemerintah Kabupaten Landak dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Saya ingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kontak fisik kepada mereka yang melakukan isolasi diri serta selalu cuci tangan dan selalu menggunakan masker. Tetapi saya melihat dijalan masih saja banyak masyarakat kita yang belum menggunakan masker ketika berada diluar, menggunakan masker ini bukan hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga melindungi orang lain serta memakai masker merupakan bentuk tanggung jawab sosial kita untuk menjaga agar kita tidak menulari orang lain,” ungakap Karolin. (*)