FC Pegasus Sambas Sukses Gelar Turnamen Weekend Futsal Battle 2019

oleh -941 views
Pertandingan final antara SMP Negeri 1 Tebas vs MTs M Basuni Imran Sambas, Sabtu (14/12/2019).

SAMBAS, KILASKALBAR.com – Football Club (FC) Pegasus Sambas sukses menggelar turnamen Weekend Futsal Battle 2019 antar sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat di Kabupaten Sambas.

Turnamen yang digelar sejak 26 Oktober 2019 ini, berakhir pada pertandingan final yang merupakan puncak gelaran futsal usia muda pada Sabtu (14/12/2019) kemarin.

CEO FC Pegasus Sambas, Uray Guntur Saputra, mengatakan bahwa turnamen Weekend Futsal Battle 2019 merupakan bagian dari program pembinaan pemain muda futsal FC Pegasus. Adapun program pembinaan tersebut diberi nama Blue Pegasus Youth Futsal Development.

“Tentunya dengan digulirnya turnamen futsal untuk usia muda, diharapkan dapat memberikan pengalaman kompetisi bagi pemain-pemain muda yang pada akhirnya dapat memunculkan pemain pemain yang berkualitas,” ujar Guntur, Sabtu (14/12/2019).

Guntur menjelaskan, turnamen ini juga merupakan upaya untuk memajukan dan mengembangkan olahraga futsal di Kabupaten Sambas.

“Karena futsal Kabupaten Sambas masih jauh ketinggalan dari daerah lain, sehingga diperlukan program pembinaan yang terprogram dengan baik, memiliki sasaran yang jelas yang harus dimulai dari usia dini,” terangnya.

Turnamen dilaksanakan dengan format setengah kompetisi yang diikuti oleh 24 tim, terbagi menjadi delapan grup.

Pertandingan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu.

“Sehingga diberi nama Weekend Futsal Battle 2019. Berlangsung selama tujuh minggu dari tanggal 26 Oktober dan berakhir pada 14 Desember 2019,” kata Guntur.

Seluruh peserta berasal dari sekolah yang tersebar di kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas. Antara lain Kecamatan Teluk Keramat, Semparuk, Tebas, Pemangkat dan Kecamatan Sambas.

“Pada awalnya, selain peserta dari Kabupaten Sambas turnamen Weekend Futsal Battle 2019 juga kami buka untuk tim sekolah dari Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang. Namun tim dari luar tidak bisa ikut karena kuota peserta sudah habis, dikarenakan antusiasme tim-tim sekolah di Kabupaten Sambas yang ingin mengikuti turnamen ini sangat besar,” ungkap Guntur.

Pada pertandingan final, SMP Negeri 1 Tebas A berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan MTs M Basiuni Imran lewat skor tipis 2-1. Sedangkan peringkat ketiga diraih SMP Negeri 3 Sambas A, setelah mengalahkan lawan satu sekolah yaitu SMP Negeri 3 Sambas B. (noy)