Pemuda Sambas Galang Dana untuk Warga Terdampak Pandemik Covid-19

oleh -824 views
Penyaluran paket bantuan. (IST)

SAMBAS, KILASKALBAR.com – Pemuda Kabupaten Sambas melakukan aksi penggalangan dana guna membantu masyarakat yang kehilangan penghasilan lantaran terdampak pandemik Covid-19.

Sasaran bantuan diperuntukkan, seperti PKL, petugas parkir, ojek pengkolan, ojek perahu serta masyarakat yang membutuhkan seperti lansia.

Aksi penggalangan dana Covid-19 yang diinisiasi oleh pemuda Sambas ini, terdiri dari Baznas, IKA-IKMAS, IKMAS, Dompet Umat, Paskas, Sutradara Amatir, HMI, PMII, KAMMI, BEM Poltesa, BEM IAIS, PMKRI, MESUWA, HIMI, CMBS, IMI, FMKS, Nekat Traveller, Cobra Squard, HMKS, FPPD, dan Insan Bahari.

Tim koordinator Solidaritas Lawan Covid-19, Al Muzafir mengakatakan, pembentukan posko aksi penggalangan dana ini dimulai sejak Selasa (31/3/2020).

“Dan penyaluran paket tahap pertama kita lakukan Minggu lalu (5/4/2020) di Kecamatan Sambas. 70 paket kita salurkan dengan target sasaran PKL, ojek pangkalan, ojek perahu, dan lansia di beberapa desa,” ujarnya, Minggu (12/4/2020).

Ia mengatakan, untuk penyaluran paket tahap kedua telah disalurkan pada Minggu (12/4/2020).

“100 paket di Kecamatan Pemangkat, dan 12 paket di Kecamatan Selakau. Target sasaran kami kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti lansia dan PKL,” ucapnya.

Lebih lanjut, penyaluran paket tahap ketiga akan dilakukan Minggu depan (19/4/2020).

“target kami penyaluran di Kecamatan Tebas dan Kecamatan Teluk Keramat. Jadi kami masih melakukan open donasi berupa uang dan sembako memalui posko-posko yang telah kami buat di Kabupaten Sambas,” terang Al Muzafir.

Posko tersebar di beberapa titik di Kabupaten Sambas. Rincinya, 4 posko di Kecamatan Sambas dan beberapa titik posko yaitu masing-masing di Kecamatan Sebawi, Kecamatan Tebas, Kecamatan Pemangkat, Kecamatan Selakau dan Kecamatan Teluk Keramat.

Bedahara Aksi, Nurlaila mengakatakan, paket dana yang terkumpul sejak 31 Maret 2020 hingga hari ini berjumlah Rp12.870.500, dan paket sembako yang telah disalurkan berjumlah 182 paket.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat sambas orang-orang baik yang telah berdonasi untuk menyukseskan kegiatan ini. Tak hanya uang tetapi juga materi seperti  bahan kebutuhan pokok rumah tangga. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Baznas, sebagai orang tua kami dalam aksi penggalangan dana ini. Terimakasih pula kami ucapkan kepada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sambas, yang telah bekerjasama baik dalam bentuk bantuan bahan pokok maupun tenaganya,” tutur Nurlaila. (ard)