Kasus Positif Corona Meningkat, Pemkab Mempawah Tetapkan Status Darurat Covid-19

oleh -452 views
Bupati Erlina. (IST)

MEMPAWAH, KILASKALBAR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah menetapkan daerahnya yang semula berstatus siaga, menjadi tanggap darurat Covid-19.

Status tersebut ditetapkan dalam rapat evaluasi penanganan cepat Covid-19 yang dipimpin Bupati Mempawah Erlina, Senin (11/5/2020), di mana terjadi peningkatan kasus warga positif SARS-CoV-2.

“Kita tingkatkan status daerah yang tadinya siaga menjadi tanggap darurat. Karena saat ini sudah ada enam kasus positif Covid-19 di Kabupaten Mempawah,” ujar Erlina kepada awak media.

Terhadap upaya tindakan dan antisipasi penyebaran Covid-19, Erlina mengatakan Tim Gugus Tugas telah bekerja secara maksimal.

“Namun pada akhirnya tetap ada kasus positif Covid-19. Maka kita harus melakukan langkah cepat dan tepat untuk menanggulangi dan mengatasi permasalahan ini. Kita harus putus mata rantainya,” kata dia.

Meski adanya enam kasus positif Covid-19, Erlina mengungkapkan, Kabupaten Mempawah belum masuk kategori zona merah. Pasalnya, orang dengan kasus positif tersebut diduga tertular dari daerah lain.

“Dari kesepakatan bersama, kami simpulkan Kabupaten Mempawah belum zona merah. Jadi enam kasus positif ini bukan terjadi secara lokal di Kabupaten Mempawah, melainkan dibawa dari luar daerah. Artinya tidak terjadi transmisi lokal,” tutur Erlin. (*)