I Dewa Raka Sandi Akan Gantikan Wahyu Setiawan Menjadi Komisioner KPU

oleh -260 views
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (dpr.go.id)

JAKARTA, KILASKALBAR.com – I Dewa Raka Sandi akan menggantikan Wahyu Setiawan menjadi Komisioner KPU RI setelah adanya persetujuan Komisi II DPR RI dalam rapat internal yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

I Dewa Raka Sandi adalah calon komisioner dengan perolehan suara tertinggi berikutnya atau ke-8 dalam proses seleksi pada 2017 lalu.

“Berdasarkan urutan suara terbanyak pada saat fit and proper test, dan yang saat berada di urutan ke-8 itu I Dewa Raka Sandi itu yang nanti akan ditetapkan penggantinya,” ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, usai rapat.

Penetapan dan pelantikan I Dewa Raka Sandi sebagai Komisioner KPU RI, sepenuhnya menjadi kewenangan Presiden Joko Widodo. Doli menuturkan pihaknya telah membuat surat persetujuan ke pimpinan DPR untuk dilanjutkan ke Istana.

“Nah, tadi kami sudah buat surat, jadi sudah disetujui oleh rapat internal Komisi II. Mungkin sore ini sudah sampai di pimpinan DPR, dan kita berharap pimpinan DPR bisa segera mengirimkan surat ke pemerintah untuk segera melakukan proses pergantian,” kata dia.

Doli mengungkapkan proses penetapan I Dewa Raka nantinya tak lagi melalui uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI. Pasalnya, berdasar Undang-undang tentang Pemilu, penggantian antarwaktu (PAW) anggota KPU diberikan kepada kandidat yang memperoleh suara terbanyak dari hasil uji kelayakan dan kepatutan sebelumnya.

“Nggak ada, karena memang udah dilakukan fit and proper test oleh Komisi II yang lalu,” tutur dia.

Sebagaimana diketahui, Wahyu Setiawan telah diberhentikan tetap oleh DKPP sebagai Komisioner KPU. Pemberhentian Wahyu Setiawan buntut dari kasus yang menerpa dirinya dalam operasi tangkap tangan oleh KPK beberapa bulan lalu. (*/noy)