Gara-gara Tak Hafal Pancasila, Kalista Tak Diakui Utusan Daerah oleh Pemprov Sumbar

oleh -876 views
Puteri Indonesia perwakilan Sumatera Barat Kalista Iskandar dan istri Gubernur Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno - Instagram/ Kalista Iskandar.

PADANG, KILASKALBAR.com – Hanya karena tak hafal sila Pancasila dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) tak mengakui Kalista Iskandar sebagai utusan peserta PPI dari Sumbar.

Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Rizal, melalui rilis mengatakan, bahwa Pemprov Sumbar dalam hal apapun tidak pernah terlibat, baik langsung maupun tak langsung, ataupun mengutus perwakilannya ke ajang PPI tersebut.

Ia menegaskan, Pemprov Sumbar tidak pernah memberikan rekomendasi maupun izin kepada seseorang ataupun lembaga untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam ajang PPI tahun 2020.

“Rekomendasi secara administratif tidak ada. Tak ada secarik kertaspun,” kata Jasman, Sabtu (7/3/2020).

Jasman menuturkan, penyelenggaraan PPI 2020 dilaksanakan sepenuhnya oleh sebuah yayasan dengan melakukan proses rekruitmen tersendiri di beberapa kampus di Indonesia.

Ia mengaku, pihak Pemprov tidak mengetahui  proses penetapan peserta bisa mewakili Provinsi Sumbar.

“Kami Pemprov Sumbar tidak mengetahuinya sama sekali, karena tidak dilibatkan, dilaporkan dan atau diberitahu oleh Yayasan dimaksud,” ucap Jasman.

Sebelumnya utusan Sumatera Barat bernama lengkap Louise Kalista Wilson Sikandar itu gagal diajang PPI 2020. Kalista gagal karena tidak hafal Pancasila pada 6 besar ajang PPI 2020. (*)