Ribuan Masyarakat Hadiri Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Landak

oleh -746 views
Karolin bersama warga. (IST)

LANDAK, KILASKALBAR.com – Pemerintah Kabupaten Landak menyelenggarakan perayaan natal oikumene tahun 2019 yang digelar di aula utama Kantor Bupati Landak, Senin (6/1/2020) sore. Ribuan masyarakat umat kristiani dari berbagai kalangan turut hadir memenuhi kantor bupati Landak untuk mengikuti perayaan tahunan ini.

Turut hadir dalam perayaan natal oikumene ini Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Landak, Sekda Landak, ASN, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, kaum janda dan Lansia, serta masyarakat umum.

Natal oikumene merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan silaturrahmi dan mempererat ikatan kekeluargaan antar umat kristiani. Selain itu, juga meningkatkan kerohanian dan keimanan umat kristiani yang dapat memberikan nilai tambah dalam memperkaya nuansa kerukunan masyarakat di kabupaten Landak.

Untuk memeriahkan perayaan natal oikumene tahun 2019, acara diisi dengan tarian dan nyanyian yang melibatkan anak-anak, remaja bahkan orang tua disertai penampilan drama musikal natal.

Sebagai pengkhotbah dalam perayaan natal oikumene kali ini yaitu Pastor Barnabas Meriko, OFM.Cap. dengan mengusung tema natal tahun 2019 yaitu “hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” untuk itu dalam hal ini pastor Meriko menyampaikan pesan kepada semua umat agar bisa membangun karakter persahabatan bagi sesama.

“Misi yang dibangun oleh sang sabda didunia ini adalah menjalin persahabatan sejati, maka kita berkewajiban membangun budaya, membangun karakter persahabatan sehingga dunia tempat kita tinggal menjadi nyaman,” ujar Pastor Meriko.

Lebih lanjut Pastor Meriko berharap dengan menjadi sahabat sejati bagi sesama, masyarakat Kabupaten Landak dapat menjadikannya semangat dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara ditahun 2020.

“Menjadi sahabat sejati adalah sesuatu yang diharapkan menjadi sifat dan semangat perjuangan mengisi tahun 2020. Kita usir permusuhan dan membersihkan kecurigaan, jika ada persahabatan maka kita akan merasa aman,” kata Pastor Meriko.

Sementara itu, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa dalam sambutannya berharap melalui perayaan natal oikumene tahun 2019 ini dapat mengingatkan semua umat kristiani khususnya di kabupaten Landak bagaimana seharusnya bersikap kepada sesama.

“Semoga perayaan natal pada tahun ini mengingatkan kita semua mengenai bagaimana kita harus bersikap kepada sesama, bagaimana kita harus hidup sebagai hamba Tuhan, sebagai umat Allah ditengah masyarakat dan ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Karolin.

Bupati Landak berharap umat kristiani di Kabupaten Landak dapat memaknai tema natal dengan menumbuhkan rasa persaudaraan.

“Semoga kita semua dapat memaknai tema natal tahun ini dengan sungguh-sungguh menjadi sahabat bagi sesama, mari kita tumbuhkan suasana persaudaraan yang semakin tinggi di kabupaten Landak sebagai modal kita dalam membangun,” harap Bupati Landak.

Dalam perayaan natal ini juga Bupati Landak secara langsung membagikan kado natal kepada para Lansia, para janda dan anak-anak yatim piatu sebagai wujud kepedulian kepada mereka yang membutuhkan.

“Pada kesempatan natal ini kita ingin berbagi kasih kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Ini adalah bentuk kepedulian kepada sesama,” kata Karolin.(*)