Sepulang dari Korsel, Empat Warga Bengkayang Diisolasi di RS Abdul Azis Singkawang untuk Diobservasi

oleh -543 views
Warga Bengkayang dirujuk ke RS Abdul Azis Singkawang untuk diobservasi di ruang isolasi. (IST)

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Kabar yang menyebutkan empat warga asal Kabupaten Bengkayang usai pulang dari Korea Selatan kemudian diobservasi oleh pihak Rumah Sakit (RS) Abdul Azis Singkawang, dibenarkan oleh pihak rumah sakit.

Direktur RS Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi, mengungkap, berdasarkan keterangan pihak keluarga, empat warga asal Bengkayang itu memang usai berpergian ke Korea Selatan (Korsel).

“Mereka pulang 10 hari yang lalu dari Korea. Jadi akan kita observasi sekitar 3-4 hari. Hal ini mengingat masa inkubasinya 14 hari,” ujar Ruchanihadi, Rabu (3/3/2020).

Keempat warga tersebut, datang ke RS Abdul Aziz Singkawang sekira pukul 20.15 WIB dengan menggunakan mobil ambulan rujukan RSUD Bengkayang.

“Informasinya mereka ini pasien dalam perawatan dengan kecurigaan,” terang Ruchanihadi.

Dari keempat orang tersebut, salah satunya merupakan anak berusia 5 tahun. Dugaannya, anak tersebut mengalami gejala demam, batuk dan pilek. Sehingga satu keluarga itu dirujuk ke ruang isolasi RS Abdul Azis Singkawang untuk dilakukan observasi.

Di samping menunjukkan gejala demam, batuk dan pilek, jelas Ruchanihadi, saat di rumah sakit, sang anak mengalami demam mencapai 36,8 derajat celsius. Pihak rumah sakit pun, mengambil sampel darah pada keempat orang tersebut.

“Esok Kamis (4/3/2020), rencananya akan kita ambil sampel lendir tenggorokan mereka yang dikarantina untuk dikirim ke Puslitbangkes di Jakarta. Dari hasil itulah kita akan mengetahui hal sebenarnya,” kata dia.

Ruchanihadi mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan hasil tes dari Puslitbangkes itu keluar.

“Saya tidak tahu kapan keluarnya nanti. Yang jelas kita observasi dulu di ruang isolasi,” tutur dia. (noy)