Lantik 10 Anggota PPK Pasca Putusan MK, Ketua KPU Singkawang Ingatkan Jaga Integritas

oleh -2.330 views
Komisioner KPU Kota Singkawang berfoto bersama anggota PPK usai pelantikan.

SINGKAWANG, KILASKALBAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang melantik 10 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam Pemilu 2018, di aula KPU Singkawang, Rabu (2/1/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Singkawang, Riko mengingatkan agar anggota PPK senantiasa menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu tingkat kecamatan.

“Bekerja sesuai regulasi dan kode etik, antusiasme melaksanakan semua tahapan dan arahan KPU, dan tolak manipulasi proses serta hasil pemilu sejak dini,” ujarnya.

Riko mengimbau kepada anggota PPK yang baru dilantik maupun anggota lama yang kembali dikukuhkan, untuk mengoptimalkan sosialisasi publikasi informasi dan kegiatan-kegiatan berkenanaan kepemiluan. Tidak cuma secara langsung kepada masyarakat, tapi juga dengan memanfaatkan media sosial.

“Seperti mendownload aplikasi KPU RI Pemilu 2019. Mengingat pentingnya aplikasi tersebut untuk mendukung kerja kita; cek pemilih dan cek calon. Setiap anggota PPK harus memiliki aplikasi ini. Aplikasi ini akan membantu tugas di mana saat ada masyarakat yang ingin mengetahui dirinya apakah sudah terdaftar atau tidak dalam DPT. Demikian juga cek calon legislatif,” terangnya.

Di samping itu, Riko menyampaikan, dalam waktu dekat akan dilakukan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas pengamanan TPS sebanyak 6.057 orang. KPU juga akan merekrut 55 orang dari 11 segmen masyarakat, yang disebut dengan relawan demokrasi.

“Nah, untuk pembentukan ini, kami harap kita bersama dengan PPK dan PPS terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan baik. Untuk pembentukan KPPS, ini dimulai pada 28 Februari 2019,” ucapnya

Acara pelantikan 10 anggota PPK, masing-masing kecamatan dilantik dua orang. Dalam kegiatan ini dihadiri sejumlah camat, Bawaslu Kota Singkawang, pihak kepolisian, dan ketua PPK di lima kecamatan di Singkawang. (*)